Mengambil Risiko

Merupakan sebuah kemestian bahwa selalu ada risiko yang setia menanti anda di balik setiap pilihan. Jika anda ingin seperti kerikil yang berserakan di jalanan, maka anda cukup bersikap masa bodoh dengan sekeliling anda.

Lalu jika anda ingin nama anda harum dikenang sejarah, maka tidak ada teman bagi anda selain pengorbanan dan pengorbanan. Kemudian tiba saatnya anda harus menentukan pilihan; apakah mau menjadi kerikil atau tidak. Semuanya kembali kepada diri anda, bukan orang lain.

Atas dasar inilah kita jangan sampai terhenti pada poin kekaguman saja saat membaca kisah mereka yang harum dikenang sejarah. Kita juga jangan sampai lupa bahwa ada risiko besar yang mereka ambil untuk harumnya sebuah keabadian.

Kita harus tahu bahwa di balik nama besar mereka, ada tubuh yang berharikan keletihan, ada tumpukan beban pikiran yang menelapkan kenyamanan dan memasung ketenangan, ada rajutan derita dalam setiap langkah yang tertapaki, dan ada untaian cobaan dan malapetaka yang menghalangi tertuainya mimpi dan harapan.

Tidak sadarkah kita bahwa keberanian itu --sebagaimana kata al-Mutanabbi-- membuat celaka, dan kedermawanan itu membuat miskin? Apakah kita mengira bahwa Nabi Muhammad dan para sahabatnya hanya santai dan berleha-leha di rumah mereka saat menyebarkan agama Allah?

Artinya, semakin harum namanya seseorang di dalam sejarah, semakin besar pula risiko yang ia ambil. Pertanyaannya adalah seberapa besar risiko yang anda ambil untuk keabadian anda kelak?
   
Saya merasa bahwa hal yang membuat fakta sejarah, berubah menjadi khayal belaka di mata kita, adalah karena ketidakberanian kita mengambil risiko besar. Penyebabnya pun beragam; apakah karena kita terlalu mementingkan diri sendiri, atau terbuai oleh keindahan dan kenyamanan sesaat, atau mungkin karena mentalitas inferior yang mewabahi negeri ini sudah begitu mengakar di dalam diri kita. []


Hay Sabie, 12 September 2014
Ahmad Satriawan Hariadi

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India