Strategi dan Kesabaran


"Esensi dari strategi adalah kesabaran," kata tokoh utama tersebut kepada temannya. Ia juga menjelaskan bahwa inti dari kungfu adalah kecepatan dan inti dari cinta adalah pengorbanan. Itulah cuplikan adegan yang saya dapati saat menonton film mandarin "Treasure Inn" yang dirilis pada tahun 2011 kemarin.

Filosofi yang diutarakan tokoh utama terkait strategi dan kesabaran tersebut ada benarnya, bahkan patut menjadi bahan renungan yang dalam. Bagaimana tidak, kita sering kali menemukan seseorang yang begitu lihai meracik peta kehidupan serta  pencapaian-pencapaian yang akan ia gapai di masa depan, namun nyatanya tidak sedikit  dari mereka yang menemui jalan buntu, atau dengan kata lain, ia mendapati dirinya sangat jauh dari harapan dan cita-citanya, bahkan gagal total.

Hal tersebut tidak lain disebabkan karena banyak dari mereka yang terkapar letih dan putus asa di tengah jalan. Mereka sepertinya lupa, bahwa di depan sana ada berbagai ujian dan rintangan yang siap menggerayangi habis harapan dan cita-cita mereka, saat menetapkan pencapaian-pencapaian tersebut. Mereka hanya memikirkan hasil, sedangkan di sisi lain mengabaikan sarana dan jalan untuk mendapatkan hasil tersebut.

Inilah kenyataan yang kita saksikan pada orang-orang di sekeliling kita, bahkan diri kita sendiri. Kita sering kali kalah saat melawan rintangan-rintangan, baik yang berasal dari dalam diri kita, seperti rasa malas, bosan, penat, sakit, dan lain-lain; maupun lingkungan sekitar, seperti keadaan yang tidak mendukung dan ketiadaan sarana dan prasarana.

Jika strategi sudah kita rancang dengan begitu sempurna, maka yang perlu kita lakukan adalah bagaimana agar kita tetap berjalan di atas lintasan strategi tersebut, sehingga kita bisa menggapai impian dan cita-cita kita. Inilah yang dinamakan konsistensi, sedangkan di dalam bahasa Arab disebut al-istiqamah. Lalu bagaimana caranya agar kita tetap konsisten? Jawabannya adalah dengan bersabar. Iya, tadak ada cara lain selain bersabar. Dalam hal ini kita akan benar-benar memahami maksud dari perkataan tokoh utama tersebut, tatkala ia mengatakan, "Esensi dari strategi adalah kesabaran."


Islamic Missions City, 26/4/2012

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India